Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik

SHARE

Mengingat ada segudang lagu yang tersimpan di dalam memori kita. Nah jika hal tersebut juga terjadi kepada kamu, apa sih yang kamu lakukan? Berhenti menyanyi? Tentu tidak harus berhenti memanyi kok. Karena kamu tetap bisa ikut bernyanyi.

Yakni dengan memanfaatkan aplikasi pendeteksi lagu terbaik. Dengan bantuan aplikasi model ini, kamu bisa mendeteksi lagu yang sedang didengarkan, kemudian bisa bernyanyi sesuai dengan lagu yang sedang diputar.

Buat kamu yang kadang kadang suka lupa lirik, atau lupa judul lagu, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi model ini deh. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

1. Shazam

Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik

Jika aplikasi pendeteksi lagu lain secara umum dapat diperoleh di Android, Shazam yang telah diunduh lebih dari 100 juta orang ini dapat digunakan melalui Android, Mac, Windows maupun IOS. Lebih serba guna dan pengertian, ya? Padahal, aplikasi yang dirilis pada tahun 2002 ini dikembangkan oleh Apple Inc., loh.

Yang disukai dari Shazam adalah ukurannya yang kompatibel, serta cara penggunaan yang cukup mudah. Hanya dengan mendekatkan smartphone ke sumber suara, kamu bisa mencari lagu dalam keadaan online atau pun offline!

Sejauh ini, Shazam dikenal cukup baik dalam mendeteksi lagu secara otomatis mau itu lagu lokal atau pun asing. Infomasi mulai dari judul, penyanyi, bahkan background lagu yang kamu cari akan ditampilkan.

Shazam juga menjadi salah patokan chart selain YouTube, Apple Music dan Spotify ketika lagu baru keluar. Setiap kali orang mencari tahu tentang lagu tersebut akan dimasukkan ke grafik, contohnya “Song ‘Inner Child’ by BTS Taehyung is heating up on the Shazam charts right now”. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Klik link ini untuk Android dan link ini untuk iOS.

2. SoundHound

Aplikasi pendeteksi lagu yang dirilis pada tahun 2005 milik SoundHound Inc. ini telah digunakan lebih dari 100 juta orang. Aplikasi asal Amerika yang memiliki nama serupa dengan pengembangnya, SoundHound, didesain sangat kompatibel dari ukuran maupun sistem operasi.

Selain dikenal akurat dan cepat dalam mendeteksi lagu, user dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi terkait lagu yang dicari hanya dengan potongan lirik yang teringat saja, walaupun itu acak. Dapatkan aplikasinya di sini.

3. Musixmatch

Aplikasi Musix Match diciptakan oleh pengembang asal Italia dengan nama yang serupa dan dirilis pada tahun 2010. Musixmatch menghadirkan aplikasi pendeteksi lagu dengan ukuran yang bervariasi dan dapat diperoleh pada sistem operasi iOS, Windows, maupun Android 4.1 ke atas.

Aplikasi Musix Match juga dikenal luas dapat ditemukan di platform musik, seperti Joox atau Spotify. Aplikasi ini dapat mendeteksi lagu dan menampilkan informasi seputar lagu, penyanyi, bahkan juga liriknya sekaligus. Selain itu, Musix Match juga mengusung user interface yang ringan dan menarik, sehingga sangat pantas jika aplikasi pendeteksi lagu tersebut telah diunduh lebih dari 50 juta orang.

4. Genius

Selain memiliki website dan sering kali muncul di beberapa platform musik, Genius Media Group, Inc juga merilis aplikasi pendeteksi lagu dengan nama yang sama, yaitu Genius. Aplikasi besutan perusahaan asal Amerika yang rilis pada tahun 2009 ini sangat kompatibel, mulai dari ukuran hingga sistem operasi karena bisa menyesuaikan.

Genius selalu mengusung user interface yang ringan dan cepat namun tetap menarik. Aplikasi pendeteksi lagu ini juga dapat mencari informasi terkait lagu maupun penyanyi dengan dilengkapi video musik atau lagu yang dirilis secara resmi. Sehingga, dapat langsung kamu dengarkan setelah lagu yang dicari selesai dideteksi. Jadi, wajar saja jika aplikasi Genius ini sudah diunduh lebih dari 5 juta orang.

Jika kamu tertarik dan ingin mendeteksi lagu favorit kamu, bisa langsung unduh aplikasinya secara gratis di Android melalui link ini dan iOS di link ini.

5. Music Recognition

Music Recognition sedikit berbeda dari aplikasi pendeteksi lagu yang lain. Aplikasi yang diproduksi oleh Beatfind Music Recognition ini tidak hanya mendeteksi judul dan biografi penyanyi, tapi juga track lainnya dari penyanyi tersebut. Aplikasi yang dirancang ringan dengan ukuran 3.2 MB ini cukup mudah digunakan dan dapat menemukan lagu dengan cepat.

Jadi, pantas saja jika Music Recognition telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang. Apa bila kamu ingin memperolehnya, aplikasi ini dapat ditemukan pada smartphone yang mendukung sistem operasi Android 4.2 ke atas. Tenang saja, aplikasi ini gratis! Unduh di sini.

6. HOUND Voice Search & Assistant

Sukses diunduh lebih dari 1 juta orang, HOUND Voice Search & Assistant yang dikembangkan oleh SoundHound Inc. ini mengusung user interface yang menarik. Selain itu, aplikasi pendeteksi lagu yang memiliki ukuran 38 MB ini menggunakan cara kerja yang mirip dengan Google Assistant maupun Siri dalam mendekteksi lagu.
Perbedaannya, HOUND tidak sekedar mencari informasi seputar judul atau penyanyinya saja, tapi juga memberi kebebasan pengguna untuk menuliskan biografi atau sosok dari penyanyi yang sedang dicari.

Aplikasi HOUND Voice Search & Assistant dapat kamu peroleh melalui smartphone yang mendukung sistem operasi Android 5.0 ke atas, unduh di sini. Untuk pengguna iPhone, bisa dapatkan aplikasinya di sini.

7. MusicID

Gravity Mobile, Inc memproduksi aplikasi pendeteksi lagu bernama MusicID yang ukurannya hanya 33 MB saja. Dengan menggunakan aplikasi MusicID yang telah digunakan 500 ribu orang ini, kamu bisa mengetahui judul lagu yang ingin dicari tahu, lengkap dengan nama penyanyinya.

Aplikasi MusicID yang dapat kamu unduh dengan smartphone pengguna sistem operasi Android 4.4 ke atas ini sudah didukung dengan fitur explore yang memudahkan kamu untuk mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai penyanyi maupun lagu tersebut. Caranya cukup mudah, hanya dengan mendekatkan smartphone ke sumber suara dan tunggu hingga hasilnya keluar.

8. Song Finder & Identifier

Song Finder & Identifier adalah pendeteksi lagu musik yang mengidentifikasi lagu yang kamu dengarkan dalam beberapa detik secara real time dan menunjukkan judul dan penyanyi lagu dengan menyediakan tautan untuk mendengarkan lagu yang dikenali di layanan musik streaming paling populer.

Aplikasi ini bekerja dengan setiap jenis sumber musik, baik itu radio atau kompilasi musik di internet. Selama kamu dapat mendengarkan lagu, aplikasi pengenal lagu akan membantu kamu mengidentifikasi musik dengan cepat dan dengan hasil yang bagus.

9. Google Assistant

Seperti yang sudah diketahui secara umum, Google Assistant dikembangkan oleh Google. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2016 ini memberi banyak bantuan bagi penggunanya, tidak terkecuali mendeteksi lagu. Cukup dengan bertanya pada Google Assistant dan dengarkan cuplikan lagu yang dicari, maka informasi yang kamu harapkan mengenai judul atau pun penyanyi akan tampil.

Selain itu juga, Google Assistant akan menghubungkan link menuju platform musik atau pun YouTube agar lagu tersebut dapat langsung kamu dengarkan dengan mudah. Google Assistant lebih versatile dari Siri karena Google ada di semua ponsel Android, sedangkan Siri hanya ada di iPhone saja.

10. Siri

Jika aplikasi pendeteksi lagu lainnya dikembangkan oleh beragam developer, Siri merupakan aplikasi bawaan bagi pengguna IOS sejak tahun 2011. Siri juga dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi seputar lagu, mau itu judul atau pun penyanyinya.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan bertanya pada Siri menggunakan bahasa Inggris, seperti “Siri, what song is this?”, nanti Siri akan mendengarkan sedikit cuplikan lagu yang dimaksud.

Jika sudah ditemukan, Siri akan menampilan informasi lengkap mengenai lagu tersebut dan link yang dapat menghubungkan kamu dengan Apple Music. Sehingga, kamu dapat langsung membeli dan menikmati lagu tersebut tanpa harus mencari ulang lagi.

11. Song Finder

Song Finder adalah aplikasi Android yang memungkinkan kamu mengidentifikasi musik yang diputar di sekitar kamu. Meskipun aplikasinya tidak sempurna, ia menawarkan beberapa fitur yang bermanfaat. Setelah mendeteksi lagu, aplikasi Pencari Lagu memungkinkan kamu melihat lirik atau menonton video musik di YouTube.

Aplikasi ini menampilkan semua informasi tentang lagu yang teridentifikasi seperti judul lagu, ID Lagu, lagu teratas, album artis, dan beberapa detail lainnya.

12. WhoSampled

WhoSampled adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menjelajahi basis data musik berbasis sampel terbesar di dunia, lagu cover, dan remix.

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi musik yang diputar di sekitar Anda dan menemukan sampel, cover, dan remixnya.

Aplikasi ini dapat membandingkan trek secara berdampingan, mendengarkan trek berdurasi penuh, dan melakukan streaming melalui YouTube.

Jadi, ini adalah Aplikasi Pencari & Pendeteksi Lagu Terbaik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengidentifikasi lagu yang diputar di sekitar Anda dengan mudah. Jika Anda mengetahui aplikasi lain untuk menemukan nama lagu, beri tahu kami di komentar.

Jadi, sekarang kamu tidak perlu pusing lagi mengidentifikasi lagu favoritmu. 12 aplikasi tadi siap membantu mencari informasi seputar lagu apapun yang ingin diketahui. Pernah mencoba salah satu aplikasinya? Atau, bingung caranya mengetahui judul lagu? Jika ingin tahu, bisa baca artikel ini.

Share:
Updating…
  • No products in the cart.