Mendapatkan Cuan Lebih Menjadi Contributor Pada Canva

SHARE

Pernahkah Kamu bertanya-tanya siapa yang membuat semua template keren di Canva? Bukan hanya karyawan Canva! Orang biasa seperti Kamu dan kita dapat membuat template Canva dan menghasilkan uang darinya. Beberapa orang bahkan melaporkan menghasilkan Rp 30-80 juta per bulan dengan melakukan hal ini. Jadi bagaimana Kamu menghasilkan uang secara online dengan menjual template untuk grafik? Kamu akan mempelajari semua tentang itu!

Canva vs Photoshop

Photoshop adalah program desain grafis yang sudah dicoba dan benar, tetapi memiliki beberapa hambatan untuk masuk. Biaya berlangganan dapat bertambah seiring waktu (Rp 300rb per bulan hanya untuk Photoshop), dan perangkat lunaknya kompleks. Sebaliknya, Canva adalah aplikasi web desain grafis gratis (dengan paket premium tersedia) dengan fokus pada template dan aset siap pakai. Ini jauh lebih ramah bagi pemula. Kedua alat memungkinkan penyesuaian tingkat tinggi dalam hal font, warna, gambar, dan elemen lainnya. Tingkat pengalaman dan kemauan Kamu untuk mempelajari alat dan konsep akan membantu menentukan apakah Kamu akan menggunakan salah satu atau keduanya untuk menjual template.

Juga untuk kedua alat tersebut, membuat dan menjual template adalah pekerjaan sampingan yang berpotensi menguntungkan .

Apakah Kamu Perlu Menjadi Desainer Grafis untuk Mulai Menjual Template?
Meskipun menjadi desainer grafis profesional akan membantu Kamu, yang benar-benar Kamu butuhkan hanyalah mata umum untuk desain. Canva akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk desainer yang kurang berpengalaman. Ini karena aplikasi web gratis untuk memulai dan lebih mudah untuk dikerjakan. Ini sebagian berkat tujuannya yang lebih sempit, dan elemen yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika dibandingkan, Photoshop rumit, dan akan sulit bagi pemula total untuk membuat template yang bermanfaat. Tetapi jika Kamu berpengalaman dalam Photoshop, Kamu seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengerjakannya. Photoshop akan lebih fleksibel dan lebih maju. Juga, ingatlah siapa yang akan membeli template ini.

Siapa yang Membeli Template Canva atau Photoshop?

Dengan begitu banyak orang menjalankan usaha sampingan mereka sendiri, telah terjadi peningkatan permintaan untuk hal-hal seperti layanan desain grafis. Tetapi banyak orang ingin dapat melakukan setiap aspek bisnis mereka sendiri. Entah itu membuat logo atau membuat postingan media sosial yang menarik, tidak semua orang punya waktu untuk belajar desain grafis atau uang untuk menyewa desainer profesional. Bagi banyak orang, templat siap pakai yang warnanya dapat diubah akan menjadi pilihan yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih praktis. Dan dengan fitur kustomisasi yang disediakan template ini, pengguna dapat merasa seolah-olah memiliki andil dalam desain yang mereka gunakan.

Template Photoshop akan ditujukan untuk pengguna yang memiliki setidaknya sedikit pengalaman desain grafis, bahkan hanya sebagai penghobi. Seperti disebutkan sebelumnya, Photoshop memiliki penghalang untuk masuk. Ada sangat sedikit alasan seseorang menghabiskan $20 per bulan untuk program ini kecuali mereka menggunakannya dengan serius. Jadi template Photoshop mungkin perlu cukup canggih dan menonjol dari yang lain. Canva di sisi lain akan menarik bagi non-desainer yang perlu membuat poster sekali pakai atau grafik media sosial. Template Canva harus mudah diedit, karena sering kali template tersebut ditujukan untuk orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dengan pengeditan tingkat lanjut.

Pada akhirnya, ini semua tentang orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu untuk hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan. Jelajahi Template Media Sosial untuk Canva, Photoshop, dan program perangkat lunak lainnya.

Tempat Menjual Template

Meskipun Canva merupakan situs web dengan template, Kamu mungkin tidak dapat benar-benar menjual di Canva. Program kontributor mereka populer dan dapat ditutup sementara kapan saja. Jadi menjual di luar Canva adalah pilihan yang lebih kamul. Kamu dapat menjual template Canva Kamu di pasar pihak ketiga seperti Etsy atau langsung di situs web e-niaga Kamu sendiri. Produk Kamu akan dapat ditemukan dan Kamu dapat membuat kampanye pemasaran yang mempromosikannya.

Kamu masih menjual akses ke template di Canva, jadi template akan terbuka di situs web. Ini juga berarti pembeli akan dapat menggunakan font dan gambar yang biasanya tidak bebas untuk digunakan. Akun Canva memberi Kamu hak penggunaan atas aset tertentu yang sebenarnya tidak gratis. Dan itu berlaku untuk semua orang yang menggunakan template Kamu karena mereka juga perlu membuat akun Canva.

Template Canva dan Photoshop semakin populer dengan cepat! Tahukah Kamu bahwa Kamu juga dapat menjual template digital Kamu di sini, di FilterGrade! Pasar kami adalah rumah bagi banyak aset untuk pengeditan foto, produksi video, grafik gerak, dan desain. Kunjungi halaman penjual untuk mempelajari cara memulai! Terapkan untuk menjual di sini .

Template Apa Yang Harus Kamu Buat?
Ada banyak jenis template yang dapat Kamu buat untuk Canva. Posting media sosial sangat umum, terutama grafik persegi untuk Instagram. Tetapi Kamu dapat menemukan ceruk Kamu di undangan pernikahan, kalender, logo, resume, buletin, gambar mini YouTube, dan hampir semua jenis grafik lain yang dapat Kamu pikirkan!

Template Photoshop dapat menyertakan jenis grafik yang sama, tetapi bisa lebih canggih. Misalnya, sesuatu seperti menggunakan teks sebagai topeng untuk gambar hanya dengan sekali klik di Photoshop, tetapi tidak mungkin di Canva. (Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana melakukannya di Canva, Kamu perlu menggunakan panel Elemen untuk menambahkan gambar huruf yang Kamu perlukan, lalu melapisi gambar tambahan. Hal ini membuat sangat sulit untuk membuat template jika Kamu menginginkannya teks yang akan disesuaikan.)

Jadi, memilih program untuk membuat template bergantung pada kerumitan template yang ingin Kamu buat. Template yang lebih canggih mungkin perlu dibuat di Photoshop.

Berikut beberapa jenis template yang bisa Kamu buat:

Instagram stories, Calendars, Brand kits, Slide decks, YouTube thumbnails, Event posters, Worksheets, Infographics, Invitations, Resumes dan lain-lain

Pertimbangan Saat Menjual Template

Sebagian besar template Canva dan Photoshop adalah sekali pakai. Ini berarti sulit untuk menemukan template gratis yang cocok dan dapat membentuk merek yang kohesif. Saat Kamu menjual template, menjual paket template bisa bermanfaat. Ini berarti bahwa alih-alih hanya satu template media sosial, Kamu dapat menjual paket berisi 10, atau 20, atau 30 template yang semuanya memiliki elemen dan gaya yang sama. Paket-paket ini lebih menarik karena menyediakan berbagai konten untuk pengelola media sosial dan pemilik merek.

Kamu juga harus memastikan untuk membuat template Kamu dari awal. Jangan men-tweak template orang lain dan mencoba menjualnya sebagai milik Kamu.

Perhatikan juga lisensi untuk font dan grafik lainnya. Kamu mungkin memiliki hak untuk menggunakan font, tetapi orang yang Kamu jual mungkin tidak. Ini benar-benar hanya masalah dengan Photoshop. Pastikan untuk hanya menggunakan elemen yang bebas digunakan, dan sertakan informasi lisensi dan penggunaan untuk setiap elemen yang digunakan gratis yang diunduh dari pihak ketiga. Memiliki akun Canva memberi Kamu izin untuk menggunakan salah satu font atau elemennya, jadi siapa pun yang membeli template Canva Kamu akan memiliki hak yang sama. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan elemen yang hanya tersedia di paket Pro Canva, karena ini tidak dapat diakses oleh semua orang.

Bergantung pada gaya Kamu, Kamu mungkin dapat menemukan ceruk. Mungkin Kamu menggunakan bentuk dan warna yang menarik bagi merek perawatan kesehatan. Mungkin Kamu unggul dalam kreasi gaya gotik. Atau mungkin Kamu membuat template gambar mini YouTube yang sangat efektif. Apa pun itu, jika Kamu memiliki gaya tkamu tangan, Kamu tidak perlu takut untuk fokus pada hal itu. Kamu dapat memilih untuk menjadi jack of all trade, tetapi menjadi penjual mapan dengan tampilan tertentu dapat membuat Kamu sangat populer di kalangan pelanggan yang tepat.

Kesimpulan

Beberapa orang menghasilkan banyak uang dengan menjual template Photoshop dan Canva, dan Kamu bisa menjadi salah satunya! Dengan mengikuti panduan ini, Kamu dapat segera menyediakan template yang berguna bagi desainer dan non-desainer. Ingatlah bahwa “jika Kamu membuatnya, mereka akan datang” tidak berfungsi akhir-akhir ini. Kamu harus memasarkan diri Kamu sendiri, dan Kamu dapat mulai membaca bagaimana melakukannya dengan panduan kami untuk pemasaran email, atau cara mengoptimalkan toko eCommerce Kamu.

Share:
Updating…
  • No products in the cart.