Dalam banyak kasus, desain logo mengatakan lebih banyak tentang bisnis kamu daripada produk kamu. Misalnya, jika kamu adalah merek yang sudah mapan, basis pelanggan setia kamu hanya perlu melihat sekilas logo kamu sebelum mengenali nama kamu. Di sisi lain, bisnis baru harus memberikan perhatian yang lebih besar lagi untuk mewakili perusahaan mereka.
Meskipun kesuksesan bisnis tidak secara langsung bergantung pada citra di balik perusahaan mana pun, namun representasi gaya bisa sangat membantu kampanye pemasaran. 👉🏼 Jika kamu memiliki tim kecil dan belum mempekerjakan siapa pun untuk membuat desain logo, jangan khawatir.
Apakah kamu seorang manajer perusahaan besar, kepala perusahaan rintisan kamu, atau inovator sejati yang perlu mendesain logo sendiri, artikel ini cocok untuk kamu.
Ini akan menguraikan pentingnya desain logo yang melengkapi bisnis kamu, menjelaskan berbagai jenis logo, dan menjelaskan bagaimana kamu bisa membuatnya sendiri.
Pengungkapan penting: kami bangga menjadi afiliasi dari beberapa alat yang disebutkan dalam panduan ini. Jika kamu mengklik tautan afiliasi dan kemudian melakukan pembelian, kami akan mendapatkan komisi kecil tanpa biaya tambahan untuk kamu (kamu tidak membayar ekstra).
Berapa Banyak Desain Logo Yang Ada? 🧐 Pada dasarnya ada tujuh jenis logo yang berbeda di luar sana.
- Wordmark Logo
- Pictorial
- Lettermark
- Abstract
- Mascot
- Emblem Logo Design
- Combination Logo
Di bawah ini, kami akan memecah setiap logo dan menjelaskan kapan masing logo harus digunakan.
Setiap pendekatan memiliki kekurangan dan kelebihannya, jadi kamu harus mempertimbangkan masing dengan cermat untuk memastikan desain merek kamu memiliki makna dan menarik bagi audiens target kamu.
Kemudian, sebagai hasilnya, target pembeli akan mengingatnya dan mengenalinya setiap kali mereka melihat citra merek kamu.
Wordmark Logo
Desain logo wordmark, seperti namanya, menggunakan nama bisnis sebagai elemen utamanya. Contoh desain wordmark Kata antara lain:
- Visa
- Coca-Cola
- Toys”R”Us
Namun demikian, jika kamu memikirkannya, hanya ada 26 huruf dalam alfabet bahasa Inggris.
👉🏼 Jadi, untuk membuat desain logo Tkamu Kata yang fantastis, kamu perlu menggunakan font dan tipografi yang unik serta palet warna yang melengkapi.
Merek fesyen dan pakaian yang menggunakan logo Tkamu Kata biasanya menggunakan font dan tipografi yang menciptakan kesan kelas atas.
Namun demikian, untuk lembaga pemerintah dan organisasi internasional, huruf tebal dan tradisional lebih cocok, karena memberikan kesan bahwa organisasi ini dapat dikamulkan dan bukan penipuan.
Jika kamu memiliki bisnis dengan nama yang panjang, kamu harus mempertimbangkan untuk mendapatkan desain logo Tkamu Kata.
kamu bisa mengambil huruf pertama dari semua kata dalam nama perusahaan kamu dan menggunakan bentuk singkatan ini sebagai elemen utama.
Tetapi anggaplah singkatannya masih terlalu panjang (bahkan setelah kamu hanya mengambil huruf pertama dari setiap kata nama bisnis kamu). Dalam hal ini, kamu harus mempertimbangkan jenis desain logo lain untuk bisnis kamu.
Pictorial
Tkamu Bergambar didasarkan pada simbol unik yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan basis pengguna kamu.
Perusahaan terkenal yang menggunakan Gambar termasuk Apple dengan apel khas mereka yang dimakan sebagian, Twitter dengan burung Twitter mereka, dan PlayBoy dengan kelinci playboy mereka.
Memiliki logo Gambar tidak berarti akan lebih mudah bagi basis pengguna kamu untuk mengingat nama kamu. Twitter, Apple, PlayBoy, Snapchat, dan Target adalah perusahaan besar dan mapan sehingga sekilas melihat desain logo mereka sudah cukup untuk mengingat nama mereka.
Inilah sebabnya mengapa memilih desain logo Tkamu Bergambar mungkin bukan ide yang baik untuk perusahaan baru dan startup yang belum membuat tkamu mereka di pasar.
Selain itu, jika kamu tidak memiliki branding yang kuat, sebaiknya kamu tidak mendapatkan desain logo Tkamu Bergambar.
Jika kamu telah memutuskan untuk menggunakan Gambar, kamu harus mempertimbangkan gambar mana yang akan dipilih yang akan mewakili perusahaan kamu. kamu selalu dapat menguji logo kamu dengan menjalankan tes preferensi untuk melihat bagaimana audiens potensial kamu akan bereaksi terhadapnya.
👉🏼 Tidak perlu memilih sesuatu yang terlalu harfiah artinya.
Misalnya, jika kamu menjual komputer secara online, logo bisnis kamu tidak perlu berisi komputer.
Ambil Apple sebagai contoh.
Mereka menjual barang elektronik konsumen kelas atas, tetapi citra merek mereka adalah apel yang setengah dimakan.
Saat memilih desain logo Gambar, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini.
Apakah kamu ingin citra merek kamu menghasilkan jenis emosi tertentu pada basis pengguna kamu? Atau, apakah kamu ingin agar hal itu langsung memberi sinyal kepada prospek kamu tentang jenis bisnis yang kamu miliki?
Lettermark
Lettermark adalah jenis desain logo lainnya. Merek-merek terkenal dengan logo Tkamu Surat termasuk IBM, Facebook, CNN, BBC, HBO, dll.
Perusahaan dan bisnis dengan nama besar biasanya menggunakan bentuk pendek atau singkatan dari nama mereka dalam citra merek mereka. Ini juga disebut sebagai logo monogram.
Menggunakan desain logo Tkamu Surat hadir dengan manfaatnya.
Apakah kamu tahu apa kepanjangan dari NASA?
Kemungkinannya adalah, kamu tidak melakukannya.
Dan sejujurnya, kamu tidak perlu mengingat bentuk lengkap NASA, yaitu Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional.
Orang yang belum pernah mempelajari astronomi atau ruang angkasa akan kesulitan mengingat versi lengkap NASA.
Sebagian besar dari kita tidak mengetahui bentuk lengkap HBO, dan terus terang, kita tidak perlu mengetahuinya.
Bagi yang penasaran, HBO adalah singkatan dari Home Box Office. Tetapi bahkan jika kita tidak tahu bentuk lengkapnya, perusahaan ini begitu mapan sehingga kita bisa langsung mengenalinya.
Perbedaan utama antara desain logo Tkamu Surat dan Tkamu Kata adalah bahwa yang pertama menggunakan bentuk bisnis yang pendek.
Di sisi lain, Tkamu Kata menggunakan seluruh nama bisnis dalam citra mereknya.
Salah satu manfaat dari desain Tkamu Surat adalah, mudah untuk direplikasi di berbagai saluran. Hal ini memudahkan untuk menyebarkannya dalam berbagai jenis kampanye pemasaran.
Abstract
Desain Tkamu Abstrak dan Logo Bergambar memiliki banyak kesamaan. Yang terbesar adalah bahwa keduanya menggunakan gambar dalam representasi merek mereka.
Namun demikian, apabila menyangkut logo abstrak, gambar di dalamnya terutama merupakan bentuk geometris. Keuntungan menggunakan desain logo Tkamu Abstrak adalah kamu dapat membiarkan imajinasi kamu duduk di kursi depan.
👉🏼 kamu tidak terbatas pada gambar sehari-hari atau gambar yang mudah dikenali.
Alih, kamu memiliki keleluasaan untuk menghasilkan desain yang unik. Inti dari desain logo Abstrak adalah simbolisme. Tidak seperti Tkamu Bergambar, yang sering kali tunduk pada asosiasi yang tidak disengaja dengan subjek yang memiliki implikasi sosial dan budaya, logo Tkamu Abstrak terbebas dari batasan ini.
Contoh yang bagus dari Logo Abstrak adalah simbol swoosh ikonik yang digunakan oleh merek sepatu global Nike. Desain ini tidak lain hanyalah tkamu centang di atas tanah hitam. Tetapi, para pengguna setia alas kaki Nike bisa langsung mengenali citra merek ini segera setelah mereka melihatnya.
Gambar merek yang abstrak akan membantu bisnis memiliki kesan abadi pada basis penggunanya.
Jenis desain logo ini didasarkan pada kualitas yang melekat sehingga pengguna akan dibiarkan merenungkan signifikansi dan maknanya lama setelah melihatnya.
👉🏼 Jika kamu memutuskan untuk menggunakan logo Abstrak, pastikan kamu tidak memilih bentuk yang terlalu radikal atau ekstrim untuk diingat. Dengan jenis representasi merek khusus ini, kamu bisa menghasilkan kemungkinan yang tak terbatas untuk citra perusahaan kamu. Tetapi kamu juga harus memastikan gambar yang kamu pilih sesuai dengan nilai-nilai merek kamu.
Mascot
Siapa yang tidak tahu lambang KFC? Jaringan makanan global ini saat ini memiliki lebih dari 25.000 outlet di seluruh dunia.
Logo maskot memungkinkan bisnis untuk memberikan wajah pada perusahaan mereka. Jika kamu memikirkannya, memberikan wajah bisnis kamu disertai dengan memunculkan emosi tertentu pada prospek kamu.
👉🏼 Biasanya, lambang maskot mencakup wajah atau figur yang mewakili sebuah bisnis. Selama bertahun-tahun, bisnis telah menggunakan emblem Tkamu Maskot untuk menarik basis pengguna yang sebagian besar terdiri dari orang yang berorientasi keluarga dan anak.
👉🏼 Jika kamu memiliki produk yang menargetkan anak-anak, kamu harus menggunakan lambang maskot. Jenis pencitraan merek khusus ini memberi kamu ruang lingkup yang cukup untuk bermain-main dan mengembangkan desain yang menyenangkan yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan anak-anak.
Misalnya, logo KFC menggambarkan seorang kolonel.
Jadi, seorang pria tua berjanggut putih yang kamu lihat pada lambangnya bukanlah karakter yang dibuat-buat, melainkan pendiri KFC. Namanya Colonel Harland Sanders.
Kolonel ini lahir pada tahun 1980 dan menghabiskan masa kecilnya di sebuah peternakan di Indiana. Setelah pensiun, Harland mengubah pengalaman masa kecilnya menjadi hobi dan mulai menjual ayam goreng. Dan sisanya adalah sejarah.
Tkamu Maskot KFC telah berubah selama bertahun-tahun. Tetapi pria berjanggut putih yang ikonik selalu ada di sana.
Emblem Logo Design
Desain logo Lambang terutama digunakan oleh Universitas, tim olahraga, organisasi pemerintah, dan sebagainya. Desain semacam ini adalah salah satu bentuk desain logo tertua.
Desain logo lambang terbuat dari huruf dan ikon. Biasanya, font dan tipografi ditempatkan di dalam ikon ini. Namun, beberapa perusahaan telah merevolusi desain Logo ini – misalnya, putri duyung Starbucks dan lambang Harley Davidson yang terkenal.
Banyak perusahaan mobil telah mendesain ulang desain logo mereka dan beralih ke desain logo Lambang.
Jenis desain logo ini sangat ideal untuk setiap perusahaan yang ingin berkomunikasi dengan basis penggunanya dan memiliki sejarah dan tradisi yang kaya.
👉🏼 Misalnya, Ford Motors dulu memiliki desain Logo Lambang di masa awal bisnisnya. Desain logo Lambang dapat membantu membangun perusahaan sebagai perusahaan yang kamul dan dapat dipercaya. Ambil contoh putri duyung Starbucks, misalnya.
👉🏼 Desain logo Starbucks yang asli terdiri dari putri duyung berekor kembar. Menurut legenda, Siren biasa memikat para pelaut ke kapal karam di lepas pantai sebuah pulau di Samudra Pasifik Selatan. Sayangnya, desain logo aslinya tidak terlalu dipoles, dan lebih fokus pada penggambaran putri duyung.
Setelah Howard Schultz mengakuisisi Starbucks, dia menciptakan kembali desain logo perusahaan dan memodifikasi putri duyung asli untuk memberikan kesan korporat.
Namun, ada sisi negatifnya juga menggunakan desain logo Lambang. Jika kamu mengembangkan desain yang rumit, mungkin sulit untuk mempertahankan detail kecil dari desain logo kamu di media cetak. Misalnya, jika kamu memutuskan untuk menyertakan desain logo dalam kartu nama kamu, kamu tinggal memilih kertas dan warna yang tepat sehingga setiap bagian terpisah dari desain logo kamu mudah terlihat pada kartu kamu.
Combination Logo
Desain Logo Kombinasi, seperti namanya, dapat memiliki elemen yang berbeda di dalamnya. Ini dapat memiliki elemen bergambar, abstrak, wordmark atau maskot atau tkamu kombinasi dari jenis yang disebutkan.
Sejauh menyangkut posisi relatif elemen logo, desain logo Kombinasi dapat menempatkan teks di atas atau di bawah gambar. Atau, mereka dapat memiliki elemen abstrak di tengah dan beberapa teks di sekitarnya. Perusahaan populer yang berpegang pada desain Logo Kombinasi adalah:
Desain logo kombinasi membantu kamu menceritakan sebuah kisah dan terhubung dengan prospek kamu. Salah satu perusahaan populer yang menggunakan desain logo Kombinasi mark adalah Burger King. Mereka membuka toko pertama mereka pada tahun 1953.
Sejak saat itu, mereka telah menjadi raksasa rantai makanan global dengan lebih dari 13.000 outlet yang tersebar di 91 negara. Salah satu keuntungan menggunakan desain logo Kombinasi adalah kamu dapat memutuskan untuk menghilangkan bagian-bagian tertentu dari desain logo ketika kamu telah mendapatkan perhatian dan daya tarik yang signifikan di pasar yang kamu inginkan setelah kamu mulai menggunakan simbol dan huruf dalam desain logo kamu.
Keputusan: Jenis Desain Logo Mana Yang Harus kamu Pilih? 🤷♀️
Seperti yang telah kita lihat pada bagian di atas, desain logo dapat mengambil berbagai bentuk. Mereka bisa didasarkan pada huruf atau simbol abstrak.
Desain logo tidak lain adalah kombinasi gambar, warna, dan font. Tetapi ketika kamu perlu memilih desain logo untuk bisnis kamu, kamu harus bijak dan memilih jenis yang paling sesuai dengan organisasi kamu.